5 Produk Google Yang Ditutup Karena Gagal Bersaing

  • Whatsapp

Neradua.COM – Siapa yang tidak tahu Google? Salah satu mesin pencari terbesar selain bing dan yahoo. Bisa dibilang Google ini sedang berada dipuncak kejayaannya. Hampir segala sesuatu ada digoogle mulai dari resep masakan, rekomendasi tempat wisata, bahkan mencari kunci jawaban pun ada digoogle. Sungguh hebat mbah kita yang satu ini.

Namun tahukah kamu bahwa google juga memproduksi beberapa anak, yang pada akhirnya kalah bersaing dan akhirnya ditutup. Lalu apa saja produk google yang berhasil dikembangkan tersebut? Berikut adalah 5 Produk Google Yang Ditutup Karena Gagal Bersaing.

Google Answer

Google Answer pertama kali dirilis pada 18 April 2002, ya tepat 16 tahun yang lalu. Sitem kerjanya sama seperti Yahoo Answer yaitu penanya menanyakan jawaban, dan bila ada orang yang menjawab pertanyaan dengan hasil yang memuaskan, maka si penjawab tersebut bisa mendapatkan sedikit uang mulai dari $2 hingga $200 Sangat menggiurkan. Tapi sayang produk ini tidak cukup populer dikarena sipenanya harus menunggu untuk mendapatkan jawaban mereka, karena tidak efisien itulah banyak orang yang beralih menggunakan Google yang sekarang. Google Answer resmi ditutup pada akhir desember 2006.

Google Video

Seperti namanya, Google video ini adalah tempat mengakses berbagai video. Hampir mirip dengan Youtube. Produk google yang satu ini rilis pertama kali pada 25 Januari  2005. Google Video dan Youtube sempat bersaing lalu tak lama kemudian Google mengakuisisi Youtube dengan nilai $1.6 Miliar. Akhirnya Google Video pun ditutup pada tanggal 20 Agustus 2012.

Google Buzz

Googlebuzz merupakan salah satu produk google yang diperuntukkan untuk mempermudah berbagi  secara publik. Namun aplikasi ini menuai banyak kritik dikarenakan masalah privasi atau keamanan data pribadi penggunanya. Google buzz diluncurkan pada 9 Februari 2010 dan dihentikan pada  15 Desember 2011.

Google Wave

Google Wave dirancang untuk menggabungkan berbagai fitur seperti email, instant messaging, wiki, dan jejaring sosial. Aplikasi ini digadang-gadang akan menjadi pesaing kuat Facebook, tapi bukannya tenar malah sebaliknya, produk google yang satu ini malah jatuh dan terpaksa dijual oleh Google. Aplikasi ini pertama diluncurkan pada May 2009 dan tumbang pada 2012. Lalu aplikasi ini diserahkan ke Apache Software Foundation dan berubah nama menjadi Apache Wave.

iGoogle

iGoogle adalah homepage berbasis web (mungkin mirip chrome kali?). Produk ini pertama kali diluncurkan pada Mei 2005 dan dihentikan pada November 2013. Lalu berubah nama menjadi Google+

Baca juga: Download Kalender 2019 Format PDF dan PNG

Itulah dia 5 Produk Google Yang Ditutup Karena Gagal Bersaing. Setiap perusahaan pasti pernah membuat kesalahan, namanya juga berkreasi untuk menciptakan hal baru pasti ada resikonya. Namun dibalik kegagalan itu pun akhirnya bisa membuat sukses. Contohnya Google yang sudah banyak menciptakan produk-produk berkualitas yang memudahkan penggunanya.

Berapa bintang untuk artikel ini?

Average rating / 5. Vote count:

Kasih bintang dong kak!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *