Review Pengalaman Berlangganan IndiHome Tanpa Manipulasi

0 4

Halo, sebelumnya perkenalkan saya Siddiq Rasyid N yang menjadi penulis tamu di blog ini. Di artikel ini saya ingin berbagi pengalaman berlangganan IndiHome yang mungkin bisa bermanfaat bagi orang lain yang ingin mendaftar menjadi pelanggan juga.

Di era digital ini, akses internet sudah menjadi kebutuhan sehari – hari, terutama bagi orang yang memanfaatkan internet sebagai sumber penghasilan, sama seperti saya. Maka dari itu tentu saya membutuhkan akses internet di rumah dengan kecepatan yang stabil dan terpercaya.

IndiHome yang merupakan produk dari Telkom Indonesia adalah layanan internet yang saya pilih dari sekian banyak penyedia lainnya. Lantas kenapa saya memilih memakai IndiHome ? ini adalah poin penting yang mungkin bisa menjadi sebuah review dari produk IndiHome.

Keuntungan dan kerugian berlangganan IndiHome

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang kamu dapatkan saat menggunakan indihome. Terlepas dari banyaknya keuntungan tersebut pastinya akan ada sedikit masalah yang menghampiri. Lalu apa saja keuntungan dan kerugiannya? Silahkan simak ulasannya dibawah.

1. Teknologi Fiber Optik

Saat ini kecepatan internet sangat diperlukan, karena dengan memiliki kecepatan internet yang tinggi kita bisa melakukan berbagai hal di internet dengan sangat cepat, lebih efisien waktu.

Fiber Optik adalah teknologi transmisi data terbaru yang mana bisa mentransfer data lebih cepat karena menggunakan serat optik yang halus, tipis dan yang ditransmisikan adalah sinyal berbentuk cahaya (laser).

IndiHome sudah menggunakan teknologi tersebut dari beberapa tahun kebelakang. Apabila kamu sering membuka internet mungkin tahu bahwa sebelum IndiHome lahir ada yang namanya Speedy.

Sebenarnya sama – sama layanan internet dari Telkom, yang membedakan hanya teknologi yang digunakan. Dimana Speedy masih menggunakan kabel tembaga dalam mentransmisikan sinyalnya, sedangkan IndiHome sudah menggunakan Fiber Optik seperti apa yang saya jelaskan tadi.

2. Jangkauan Wilayah

Ini adalah salah satu alasan kenapa saya lebih memilih IndiHome sebagai wifi di rumah. Karena IndiHome adalah perusahaan diatas naungan BUMN, maka mereka ditugaskan untuk menyebar layanan internet ke seluhur Indonesia.

Tempat tinggal saya berjarak masih termasuk kampung, berjarak 20 KM ke kota terdekat. Dan disana penyedia layanan internet dengan teknologi fiber hanya IndiHome seorang, maka secara otomatis saya berlangganan.

Sedikit informasi, kamu bisa cek apakah di tempat tinggal kamu terdapat jaringan fiber IndiHome atau tidak melalui aplikasi myIndiHome yang bisa di install di smartphone.

3. Kualitas Internet IndiHome

Ini adalah poin paling penting yang ingin saya sampaikan, karena hal pertama yang diinginkan oleh setiap pelanggan adalah internet yang berkualitas. Dalam artian tidak sering terjadi gangguan, akan tetapi internet terus stabil dan kecepatan sesuai dengan paket yang terdaftar.

Jujur bahwa menggunakan teknologi fiber di rumah itu sangatlah memuaskan, dimana saya bisa mendapatkan internet yang sangat stabil dan jelas sangat memungkinkan apabila ingin bermain game online, karena memiliki nilai ping latency yang kecil.

Adapun paket yang saya ambil adalah paket internet saja dengan kecepatan 10 Mbps. Meskipun berada di kecepatan terendah, tapi saya merasa bahwa kecepatan ini sangat cukup untuk menunjang keperluan saya di internet.

Bahkan untuk download juga terbilang cepat, dimana saya bisa asumsikan bahwa untuk mendownload file 1GB butuh waktu hanya 30 menit dan seterusnya. Sedangkan untuk streaming YouTube juga mampu di kualitas Full HD (1080p) tanpa buffering sedikit pun.

IndiHome bngst lemot parah…

Perkataan seperti ini yang pertama saya temukan ketika mencari review berlangganan IndiHome di situs – situs juga Fans Page. Jujur pas pertama membaca tanggapan negatif seperti itu perasaan takut muncul ketika ingin berlangganan. Karena buat apa bayar tagihan setiap bulan sesuai biaya yang sudah disepakati tapi kualitas nya buruk.

Tapi saat ini saya berani bilang bahwa kualitas internet IndiHome tidak seperti itu. Bahkan saat ini saya masuk ke grup para pelanggan di WA dan ternyata mereka tidak berkata segila itu. Tapi mungkin kualitas tiap daerah berbeda – beda, saya tidak tahu lebih lanjut masalah ini.

4. Cara Pembayaran IndiHome Gampang

IndiHome menggunakan sistem pascabayar, dimana pelanggan menggunakan terlebih dahulu kemudian bayar. Tagihan IndiHome biasanya muncul di tanggal 5 dan terakhir dibayar tanggal 21 di setiap bulannya.

Yang saya suka adalah cara bayar IndiHome itu sangat mudah. Jadi banyak sekali metode yang bisa kita gunakan, misalnya lewat internet banking, toko online, minimarket, dan masih banyak lagi. Dari sekian metode yang bisa saya gunakan, saya lebih memilih membayar IndiHome melalui toko online, seperti Tokopedia. Kupon cashback adalah salah satu keuntungan yang bisa saya dapatkan apabila membayar IndiHome melalui toko online.

5. Pelayanan Cepat Tanggap

Jujur pelayanan IndiHome yang saya rasakan mereka ramah dan cepat tanggap, terutama para teknisi. Gangguan kecil seperti lampu indikator los menyala merah yang mana bisa membuat internet tidak berjalan pernah saya alami beberapa kali, tapi tidak sering juga.

Hal pertama yang saya lakukan tentu menghubungi Costomer Service (147) atau membuat laporan di aplikasi myIndiHome. Setelah diberi nomer tiket, teknisi dari Plasa Telkom setempat biasanya mengonfirmasi ulang kepada saya dan saat itu juga teknisi langsung datang untuk memperbaiki masalah tersebut.

6. Kebijakan yang Cukup Merugikan

Karena ini adalah artikel review, jadi saya akan sebutkan juga kerugian yang pernah saya dapatkan. Jujur saja ada beberapa kebijakan IndiHome yang cukup merugikan pelanggannya. Beberapa diantaranya seperti :

  • YouTube kena FUP
  • Batas FUP 1 lebih sedikit
  • Kenaikan tagihan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Mungkin itulah beberapa kebijakan yang saya rasa cukup merugikan pelanggan. Tapi jujur selama berlangganan saya cukup puas dengan apa yang diberikan, terutama bisa mendukung saya untuk melakukan beberapa pekerjaan yang cukup penting.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga beberapa poin diatas bermanfaat, terutama bagi kamu yang ingin berlangganan IndiHome.

Leave A Reply

Your email address will not be published.