Klasifikasi dan Morfologi Lengkap Tanaman Cabai

0 10

Neradua.com Klasifikasi dan Morfologi Lengkap Tanaman Cabai

Cabai atau cabe merupakan tumbuhan atau jenis tanaman sebangsa terong-terongan yang termasuk dalam famili solanaceae. Nama latin cabai adalah Capsicum annum L.

Cabai menjadi salah satu bahan yang sering digunakan para ibu dalam masakannya. Apalagi bagi orang Padang masakan pedas (red:rendang) menjadi salah satu andalan kota minang tersebut. Ada juga bagi orang palembang yang menjadikan cabai sebagai bahan pokok dalam pembuatan cuko pempek palembang.

Cabe memiliki rasa yang pedas, hal ini disebabkan oleh kandungan minyak atsiri capsaicin yang terdapat pasa cabe. Selain itu cabe juga mengandung vitamin A dan C loh yang baik untuk kesehatan.

klasifikasi tanaman cabai lengkap

Cabai biasanya ditanam pada daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Karena buah yang satu ini dapat dengan mudah tumbuh subur, maka kamu pun bisa menamannya dipekarangan atau kebun mu sendiri dengan cara membeli bibit dan menanamnya.

Tanaman cabai ini berasal dari Meksiko (Amerika Tengah) dan sekitaran wilayah Andes Amerika Selatan. Tanaman ini menyebar ke Eropa melalui Spanyol yang kemudian dikenal dengan nama chili pepper.

Tak lama kemudian cabai mulai masuk ke Asia mulai dari India, China, Jepang, Korea, Malaka lalu Indonesia. Tentunya kalian tahu dong bagaimana tanaman ini bisa sampai sejauh itu. Ya lewat perdagangan.

Itulah dia sedikit deskripsi tanaman cabai yang bisa saya sampaikan, mari kita lanjutkan ke pembahasan mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Cabai.

Klasifikasi Tanaman Cabai

Berikut adalah Klasifikasi Tanaman Cabai lengkap yang perlu kamu ketahui.

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatofita
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Dikotiledon
  • Ordo : Solanales
  • Famili : Solanaceae
  • Genus : Capsicum
  • Species : Capsicum annum L

Ciri Morfologi Tanaman Cabai

Berikut adalah Morfologi Tanaman Cabai lengkap yang perlu kamu ketahui.

Daun

Cabai memiliki bentuk daun yang beraneka ragam, umumnya daun cabe berbentuk oval berwarna hijau, ada juga yang berbentuk bulat. Daun cabai memiliki panjang berkisar 3 sampai 10 cm dengan lebar 1 sampai 6 cm.

Batang

Batang merupakan salah satu bagian terpenting dari tumbuhan karena batang bisa disebut sebagai pondasinya tanaman. Batang juga berguna sebagai penyalur antara akar dan daun.

Akar

Akar tumbuhan cabe berbentuk serabut dengan memiliki banyak sekali percabangan, bahkan sering kali kita melihat akarnya tumbuh keluar. Akar sama halnya batang merupakan bagian terpenting dari suatu tanaman, maka dari itu akar dan batang tak dapat dipisahkan keberadaannya.

Akar cabai tidaklah terlalu dalam, akar ini tumbuh kedalam tanah hanya sekitar 20 sampai 45 cm saja. Meskipun cabai memiliki akar serabut, tapi ia juga memiliki 1 akar tunggang semu yang berfungsi sebagai penopang.

Bunga

Sama seperti jenis buah-buahan lainnya, sebelum menjadi cabai siap panen ia sebelumnya merupakan sebuah bunga. Bunga ini terdapat pada bawah daun dan tumbuh bergerombol dalam satu tandan. Biasanya bunga cabai berwarna putih atau ungu.

Buah

Setelah berkembang dari bunga maka akan menjadi buah. Buah cabai memiliki banyak warna tergantung jenisnya mulai dari cabai merah, kuning, hijau (rawit) bahkan ungu.

Buah cabai berbentuk lonjong lancip bahkan bulat, dibagian dalam cabai terdapat biji. Konon biji inilah yang membuat cabai menjadi sangat pedas.

Biji

Biji cabai sendiri cukup kecil, jika kalian tahu wijen maka seperti itulah bentuknya. Pada bagian biji inilah titik terpedas yang dimiliki buah satu ini. Sama seperti buah yang lain, biji cabai merupakan bakal bibit.

Nah itulah Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Cabai Lengkap dengan penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua yang sedang membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.