Inilah Bacaan Doa Qunut saat Shalat Shubuh yang benar !

Bacaan Doa Qunut Sholat Shubuh Bahasa Arab, Latin, Indonesia Lengkap

Bacaan Doa Qunut saat Shalat Shubuh Lengkap Arab, Latin, Indonesia! – Dalam agama Islam, ibadah merupakan satu hal yang sangat penting. Untuk melengkapi ibadah maka seorang hamba dapat memanjatkan do’a sebagai wujud kepasrahan diri dengan memohon kepada Yang Maha Kuasa. Do’a qunut merupakan doa dengan mengharap kepada Allah swt, untuk mendatangkan kebaikan dan juga menolak bahaya.  Do’a ini dibaca sesudah i’tidal (bangkit dari ruku’) sebelum rakaat terakhir pada sholat.

Menurut madzab Syafi’i dan Maliki hukum melantunkan bacaan doa qunut adalah sunah muakkad pada sholat shubuh, pada saat sholat witir dan pada sholat istisqo (minta hujan). Membaca qunut subuh ini terdapat perbedaan pendapat, ada yang membolehkan dan ada pula yang tidak menggunakan qunut. Qunut juga bermacam-macam, selain qunut subuh, ada pula qunut nazilah dan pada witir. Terlepas dari perbedaan tersebut, sebaiknya saling menghargai sebagai sesama umat Islam.

Baca Juga: Doa dan Tata Cara Mandi Wajib untuk Perempuan dan Laki-Laki

Berikut adalah Bacaan doa Qunut dengan latin dan terjemahannya:

Allahhummahdinii fiiman hadait.

Wa’a finii fiman ‘aafait.

Wa tawallanii fiiman tawal-laiit.

Wa baarik lii fiimaa a’thait.

Wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik.

Wa innahu laayadzilu man walait.

Wa laa ya’izzu man ‘aadait.

Tabaa rakta rabbanaa wata’aalait.

Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait.

Astaghfiruka wa’atuubu ilaik.

Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, maafkanlah aku sebagaimana orang-orang yang telah  Engkau maafkan, tolonglah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau tolong, berkatilah aku atas semua pemberian-Mu, dan peliharalah daku berkat karunia-Mu dari keburukan qada-Mu. Karena sesungguhnya Engkaulah Yang memberi keputusan  dan tiada seorangpun yang menetapkan keputusan terhadap-Mu, dan sesungguhnya tidak akan terhina orang yang Engkau musuhi. Maha suci Engkau wahai Tuhan kami lagi Maha tinggi, bagiMu-lah segala puji atas semua keputusan-Mu. aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu. Dan segala shalawat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan juga segenap keluarga dan para sahabatnya.”

Dengan mengetahui bacaan doa qunut maka akan lebih memudahkan terutama bagi yang ingin menghafalkannya. Sejatinya doa merupakan suatu wujud ketaatan dan sebaiknya dibaca dengan penuh kerendahan hati. Demikianlah penjelasan mengenai doa qunut dengan arab latin dan terjemahnya. Semoga dapat bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Satrianera

Berbagilah ilmu kepada yang membutuhkan, sesungguhnya itu adalah amal Jariah. #YukShare

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *