Penyebab Komputer/Laptop Sering Mati Sendiri

  • Whatsapp
Penyebab Komputer Laptop Mati Sendiri

Penyebab Komputer/Laptop Sering Mati Sendiri, Permasalahan pada komputer bukanlah masalah yang bisa dianggap sepele, apalagi kalau sampai dibiarkan saja tanpa anda atasi maka akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah baik software maupun hardware. Oleh karena itu, disini saya akan membahas sedikit tentang penyebab komputer yang sering mati sendiri.

Komputer mati sendiri ini dapat dipengaruhi oleh berbagai sebab, kerusakan bisa jadi terdapat pada software maupun hardware yang digunakan. Hal ini pastinya membuat anda jengkel apabila anda sedang mengerjakan tugas dan tiba-tiba jleb mati, mana tugas belum tersave. Aduh, langsung masuk mode kyubi ekor 9 nih haha. Maka dari itu anda harus segera mencari penyebab dan langsung memperbaiki komputer/laptop tersebut.

Penyebab Komputer/Laptop Sering Mati Sendiri

1. Kerusakan Pada Hardware/Software

Seperti yang saya jelaskan tadi, penyebab komputer atau laptop sering mati sendiri itu banyak penyebabnya, salah satunya ya ini, hardware atau software yang bermasalah. Cara untuk mengetahuinya adalah coba anda matikan komputer/laptop setelah itu masuk ke menu BIOS, setelah masuk ke menu BIOS tunggu selama 5 menit, jika komputer/laptop anda melakukan restart maka bisa dipastikan penyebabnya ada di hardware komputer anda. Namun jika selama 5 menit tersebut tidak terjadi apa-apa itu menandakan bahwa yang bermasalah ada pada bagian software.

Baca Juga: Laptop Acer Gaming Terbaru Spesifikasi dan Ulasan

2. Kabel Hardisk Tidak Pas atau Longgar

Pemasangan kabel hardisk yang tidak pas juga memengaruhi kinerja komputer karena komputer akan melakukan loading nah kalau kabel yang dicolokkan kehardisk tidak pas/longgar maka loading komputer tidak akan bekerja atau mengakibatkan hang. Maka dari itu silahkan anda matikan terlebih dahulu komputer lalu coba cek kabel yang terhubung ke hardisk, pastikan bahwa kabel terpasang pas pada tempatnya dan juga coba cek kabel-kabel yang lain supaya lebih joss.

3. Processor Yang Terlalu Panas

Processor atau yang biasa disebut otak kommputer, komponen paling penting yang jika benda satu ini sakit maka seluruh bagian yang lain juga kan sakit. Jika processor terlalu panas maka akan mengakibatkan berbagai permasalahan salah satunya komputer/laptop tiba-tiba mati. Nah kita bisa mengakalinya dengan cara memasang kipas khusus (biasanya sih dijaman sekarang processor sudah sepaket dengan kipasnya).

4. Fatal Error (bukan fataliti :v)

Apa kamu pernah mengalami blue screen? Nah itu salah satu penyebab komputer mati sendiri. Cara mengatasinya hanya 1 yaitu harus install ulang. Jangan nunggu lama-lama ya, karena kalau dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan makin parah. Pastikan sebelum melakukan install ulang harap melakukan backup file-file penting.

Nah jika kamu sudah tahu Penyebab Komputer/Laptop Sering Mati Sendiri maka silahkan lakukan tindakan perbaikan, jangan menunda-nunda dengan berbagai alasan seperti “ah males ntar ajalah, toh matinya nggak sering” atau “ah inimah nggak berbahaya, buktinya komputer saya masih aman sampe sekarang”. Jika kamu punya pemikiran seperti itu silahkan buang sejauh-jauhnya dan langsung lakukan tindakan perbaikan. Karena jika kamu mengulur waktu terus niscaya umur komputermu tidak akan lama lagi.

Mungkin itu saja dulu pembahasan tentang Penyebab Komputer/Laptop Sering Mati Sendiri, jika artikel ini bermanfaat silahkan share ketemanmu yang membutuhkan. Jika kamu membutuhkan Tips/Tutorial lainnya bisa dicari diblog kami NERADUA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *