Doa Pembuka Majelis yang Sesuai Sunnah beserta Artinya

  • Whatsapp
Doa Pembuka Majelis

Dalam kehidupan pasti kita pernah diundang ke suatu acara pertemuan baik itu resmi (pidato dsb) maupun tidak resmi. Disana kita sering mendengar seseorang yang membaca doa untuk memulai acara. Doa ini sering disebut dengan istilah doa pembuka majelis.

Doa pembuka majelis ini biasanya dilakukan dengan membaca Khutbatul Hajah. Khutbatul hajah adalah doa yang mana Rasulullah SAW sering membaca disetiap kali sedang akan khotbah, ceramah baik dipengajian maupun pernikahan.

Tujuan dari doa pembuka ini adalah untuk mendapatkan ridho Allah SWT atas acara yang sedang berlangsung. Doa ini tidak pernah tinggal dalam setiap pembukaan acara karena memang manfaatnya yang luar biasa.

Ada banyak contoh doa pembuka majelis yang bisa kita gunakan untuk membuka atau mengawali pembicaraan. Anda bebas memilih untuk menggunakan doa yang mana.

Cara membacanya yaitu setelah selesai membaca salam lalu dilanjutkan dengan salah-satu doa dibawah ini.


Doa Pembuka Majelis

# Doa Pembuka Majelis 1

Doa Pembuka Majelis 1

Latin: Alhamdulillahi rabbil’aalamiin wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya: Segala puji bagi Allah Tuhan Seluruh Semesta Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

# Doa Pembuka Majelis 2

Doa Pembuka Majelis 2

Latin: Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Artinya: Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Allah limpahkanlah salawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

# Doa Pembuka Majelis 3

Doa Pembuka Majelis 3

Latin: Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.

# Doa Pembuka Majelis 4

Latin: Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Artinya: Puji syukur kepada Allah, doa salawat serta keselamatan semoga selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.

Jika sudah memilih mana yang menurut anda paling cocok, silahkan dicatat untuk dihapalkan atau bisa bookmark situs ini agar bisa kembali lagi.

Setelah anda membaca salah satu doa pembuka majelis ini, silahkan dilanjutkan dengan dibacakan susunan acara dan lainnya. Biasanya susunan acara itu ialah sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-quran
  3. Kata sambutan dan sebagainya
  4. Penutup

Jika acara sudah selesai, jangan lupa dilanjutkan dengan membaca doa penutup majelis.

Baca Juga : Inilah Bacaan Doa Qunut saat Shalat Shubuh yang benar !

Baik itulah dia 4 doa pembuka majelis yang bisa saya berikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semua. Silahkan baca-baca artikel lainnya dibawah ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *